creature#1 Workplace: Desain Interior Karaoke

Ceritanya Arca udah kerja nih, setelah enam bulan nganggur dari akhir tahun kemarin. Kalau dilihat dari judul, Arca kesannya anak desain banget yah, padahal Arca cuma seneng coret-coret ga jelas tapi lebih suka buat sesuatu handcraft. Jadi, bos Arca yang ganteng (aja, takut ketauan) itu memberi pekerjaan bikin tulisan sama bikin gambarnya pake powerpoint. Sooo acarer siap-siap baca tulisan pertama Arca yang ngarang banget di sini, kategori crea-ture. Bahasannya kurang lebih mengenai dasar atau general tentang karaoke, bisnis karaoke, dan tentunya desain interior karaoke. Semoga bermanfaat.

Tidak mudah puas sudah menjadi kodrat seorang manusia hidup di dunia ini. Selain menjalani kegiatan rutin sehari-hari yang membosankan, setiap orang tentu ingin melengkapi kegiatannya dengan hal lain di luar kerutinan. Gaya hidup sosialita kini mendorong orang-orang untuk terus berkumpul bersama orang terdekatnya. Kebutuhan sarana hiburan pun muncul untuk mendukung kegiatan tersebut. Salah satu di antaranya kebutuhan hiburan orang-orang saat ini yaitu sarana untuk berkumpul dan bernyanyi bersama yaitu Karaoke.

Apa itu karaoke? Karaoke diambil dari bahasa jepang yaitu kara yang berarti kosong dan oke diambil dari kata orkestra. Karaoke dapat diartikan sebagai orkestra atau musik yang kosong atau bisa juga hanya mendengar instrumental musiknya saja. Kemudian, dengan menambahkan lirik-lirik lagu yang dinyanyikan dapat dijadikan sebagai pelengkap musik. Kegiatan inilah yang akan ditampung dalam satu ruangan, tidak hanya untuk bernyanyi tapi sebagai tempat berkumpul dan bersosialisasi.

Saat ini, peluang bisnis membangun industri karaoke semakin berkembang pesat dengan berbagai macam tema dan konsep yang berbeda-beda. Bernyanyi tentu bukan hal asing lagi di negara ini mengingat banyaknya kompetisi dan pencari bakat musik yang diadakan di layar kaca. Bernyanyi tentu menjadi kegiatan hiburan yang fungsinya tidak lain untuk menyegarkan kembali pikiran dan badan. Dengan didukung sistem franchise, industri karaoke juga dapat menjadi peluang untuk mencari keuntungan yang cukup menjanjikan.

Layanan yang paling diutamakan dalam sebuah sarana karaoke adalah teknologi untuk komputerisasi, operator, dan sistem, serta kualitas suara di dalam ruangan. Secara fisik, sebuah ruangan karaoke harus memiliki peredam suara agar suara bising dari luar tidak mengganggu ke dalam ruangan, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, ruang karaoke dibutuhkan desain interior yang cukup baik agar tetap nyaman secara suara.

Slide2

Desain yang baik yaitu membantu psikologis manusia agar merasa nyaman, kebutuhan terpenuhi, dan enak dipandang. Dalam memulai rancangan sebuah ruangan karaoke, tentukan konsep dan tema yang diinginkan. Salah satu contoh pada gambar di atas merupakan rencana tampak atas ruangan bertema “world singer” dan desain yang modern dan nyaman. Warna biru digunakan karena merupakan salah satu warna yang cukup memberi kesan positif dan membawa suasana tenang dan nyaman. Selain warna biru, warna cerah lainnya seperti kuning, oranye, hijau muda, merah muda, menjadi pilihan lain dalam merancang ruangan karaoke bertema ini.

Bahan dan material pelengkap ruangan karaoke adalah akustik peredam suara yang ditempel di sekeliling ruangan. Peredam suara biasanya merupakan bahan yang berserat, dapat menyerap suara dengan baik, dan meminimalisasi pantulan suara di dalam ruangan. Contoh bahan yang paling sederhana yang pernah kita lihat sehari-hari adalah kardus bekas tempat telur. Tetapi, untuk kualitas suara ruangan karaoke yang baik tentu bahan peredam yang lebih cocok dan sudah sesuai fungsinya yang akan digunakan serta terdapat di pasaran (misal rockwool). Tidak hanya untuk di sekeliling dinding ruangan, tetapi pintu masuk menuju ruangan karaoke juga perlu diberi peredam.

Sistem pendukung yang tidak kalah penting juga yaitu penghawaan udara buatan dari AC dan exhaust, mekanikal untuk komputerisasi musik, elektrikal, dan penanggulangan bencana serta kebakaran. Pencahayaan yang digunakan juga tidak hanya lampu biasa di langit-langit, tetapi lampu dari LED sebagai pemanis dan bagian dari dekorasi interior juga penting untuk menonjolkan kesan tema yang ingin di bawa. Furnitur pun cukup sederhana dengan menyediakan kursi sofa, meja, dan lemari untuk TV dan komputer. Semakin besar ukuran ruangan karaoke maka semakin besar dan banyak juga furnitur yang harus disediakan.

Sebagai penutup, konsultan arsitektur, interior, dan kontraktor bernama RENOV ini membuka jasa desain dan konstruksi khusus untuk fungsi ruangan karaoke. Pengalamannya juga sudah cukup lama sekitar 8 tahun dan yang terbangun juga sudah cukup banyak bahkan cakupannya tersebar di seluruh bagian Indonesia. Seperti di webnya, tunggu apa lagi! langsung hubungi aja kontak yang tertera di bawah gambar kedua di atas.

*Catatan update 19 Sept 2017

Saat ini Arca secara terhormat sendiri sudah ga kerja di tempat Renov itu. Arca berbaik hati dengan nyebut merk mereka ini dan mendoakan semoga mereka tetap positif bisa sukses di bidangnya. Udah itu aja. Mudah-mudahan ilmu tentang interior karaoke ini bisa bermanfaat buat Acarer yang curiousity-nya tinggi wkwkwk.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s