creature#2 Workplace: Pentingnya Arsitek dalam Desain dan Bangun Rumah Minimalis

Bahasan crea-ture berikutnya muncul tentang desain dan bangun rumah. Berhubung Arca disuruh segala tulisan dari hasil kerjaan bakal terus dipost di sini (termasuk promosi juga, kasian). Bahasan ini lebih umum mengenai pentingya arsitek dalam membangun rumah minimalis. Meskipun acarer bisa bangun rumah sendiri tanpa bantuan arsitek atau desainer, tapi yakin deh dengan baca bahasan crea-ture ini acarer jadi mengerti kenapa arsitek dibutuhkan untuk merancang dan merencanakan rumah impian yang lebih ideal. So, semoga selalu bermanfaat.

Slide4

Gambar bikin sendiri, foto dikumpulin seadanya ngambil

Setiap keluarga pasti sangat mendambakan rumah yang sesuai impian dan karakteristiknya. Saat ini, orang-orang cenderung untuk memiliki rumah dengan gaya minimalis dan desain modern dan megah serta tentunya dengan biaya yang sesuai anggaran. Dalam merencanakan dan membangun rumah tentu sulit jika dilakukan secara sendiri. Sudah banyak juga buku yang diterbitkan khusus desain dan bangun rumah sendiri. Tapi memangnya pada ngerti dengan istilah-istilah di buku tersebut? Apalagi buat acarer yang bukan anak teknik, desain, arsitektur, atau sipil. Oleh karena itu, dibutuhkanlah jasa desain dan bangun rumah dari arsitek dan kontraktor.

Seringkali banyak juga orang yang mengesampingkan jasa desain dan bangun rumah. Orang akan lebih percaya pada pekerjaan tukang yang sudah berpengalaman dan dikenal sebelumnya dalam membangun rumah. Tetapi hasil yang diberikan tukang akan berbeda loh dengan arsitek yang lebih mengerti secara keseluruhan proyek rumah impian acarer. Selain itu, dengan jasa arsitek, orang juga dapat berkonsultasi segala hal, baik dari segi desain, anggaran, maupun untuk keberlanjutan ke depannya. Meskipun minimalis, tapi bukan cuma meminimalkan tembok atau uang loh. Nah, arsitek yang akan atur semuanya bahkan sampai menghitung supaya acarer tetap nyaman selama berada di rumah.

Slide7

Gambar bikin sendiri, kata-kata sendiri, foto dikumpulin seadanya ngambil

Desain rumah yang minimalis memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan luas lahan yang cukup terbatas, rumah dapat dibuat sangat sederhana tetapi tetap menarik perhatian orang untuk sekedar melihat dan berkunjung. Saking terbatasnya, rumah ini hanya cukup untuk beberapa orang antara 1-3 orang. Gaya minimalis ini juga memberikan kesan modern dan megah. Selain itu, tata ruang interior yang didesain juga harus membuat suasana tetap nyaman dan rileks. Furnitur yang bersifat multifungsi juga sangat berperan penting terutama untuk ruang yang tidak begitu luas. Ini hanya baru sekedar secara fisik yang akan terlihat langsung oleh mata kepala kita.

Dari segi bahan dan material bangunan, rumah minimalis jauh lebih hemat biaya dibanding rumah bergaya klasik, eropa, dan sebagainya. Tidak perlu menambahkan ornamen-ornamen yang rumit dan yang dapat mengurangi luas bangunan, cukup fokus dengan bahan untuk struktur utama dan dinding bangunan serta ketekunan tukang agar hasil kerjaan rapi. Karena hasilnya akan polos, selebihnya bisa disiasati dengan permainan warna, dekorasi interior, dan atau lanskap. Dengan begitu, sekali lagi, rumah akan berkesan modern dan lebih rapi, mudah dibersihkan, serta lebih fungsional. Agar jauh lebih hemat, bahan yang mudah dijangkau juga dapat menghemat pekerjaan angkutan bahan bangunan dan tukang.

Slide5

Layout gambar sendiri, foto dikumpulin seadanya ngambil

Selain fisik bangunan yang diperhatikan, pikirkan juga bagaimana keberlanjutan ke depannya. Peletakan dan jumlah bukaan seperti pintu, jendela, dan kerawang yang ditempatkan mempengaruhi sirkulasi udara dan pencahayaan dari luar menuju dalam ruangan, begitu juga sebaliknya. Bukaan yang cukup dapat membuat sirkulasi udara di dalam agar ruangan tetap terasa sejuk tidak terlalu berangin dan tidak terlalu panas. Selain itu, pencahayaan dari sinar matahari dari luar juga dapat masuk ke dalam ruangan dengan cukup agar efisien energi. Terbesit kah di dalam pikiran kita kalau tukang sama ga pikirannya dengan arsitek ngomongin efisiensi energi dan bahan bangunan? Tentu sedikit sekali kemungkinannya, kecuali kalau tukang itu memang seorang ahli bangunan dan arsitek, hehehe.

Jadi, setelah penjelasan-penjelasan di atas, jelas dong kalau tukang bangunan itu berbeda dengan arsitek. Meskipun arsitek tidak langsung melakukan kegiatan seperti mengaduk semen, menata bata, mengecor beton, tetapi peran arsitek di sini lebih ke manajemen dan pengawasan agar pekerjaan di lapangan sesuai dengan keinginan arsitek untuk membangun rumah impian acarer. Untuk membangun rumah, teman arsitek biasanya cukup dibantu oleh jasa kontraktor atau para tukang bangunan di lapangan. Selebihnya mengenai listrik, air, lanskap, rencana anggaran, si arsitek masih bisa menangani sendiri karena tentu semua persetujuan kembali ke pemilik rumah. Proses persetujuan desain dan lapangan biasanya saling berbolak-balik dan terus berjalan karena keinginian pemilik biasanya suka berganti-ganti di tengah keberjalanan proses membangun.

Setelah mengetahui hal-hal ini, tentu jangan mengesampingkan jasa arsitek lagi, karena semua hal mulai dari desain sampai bangunan itu tidak bisa berdiri lagi, arsitek akan memberikan yang terbaik dan siap bertanggung jawab. Efisiensi dan efektifitas sangat dijunjung tinggi untuk mendapatkan hasil yang fungsional dan tidak sia-sia. Apapun gaya dan desain yang diinginkan pasti akan dipertimbangkan dengan baik serta disesuaikan dengan anggaran.

Slide6

RENOV membuka jasa desain dan konstruksi untuk interior rumah. RENOV ditunjang oleh tim ahli yang telah berpengalaman lebih dari 8 tahun dalam pembangunan proyek interior. Tunggu apa lagi?? Segera hubungi kami untuk dapat bekerja sama dalam membangun impian anda dengan harga yang bersaing dan kualitas terbaik. Gratis jasa konsultasi dan desain.

*Catatan (informal time!):

Warning! paragraf subjektif, you can skip. Jujur nih Acarer, ni Renov sebenarnya kantor lama yang udah “ngusir” Arca pas ulang tahun. Sad? absolutely! (yaps mungkin itu cara dan waktu terbaik dan udah takdir dari Allah SWT untuk ga kerja bersama orang yang jualan “haram-haram”). Dan postingan ini tentunya diubah total sama si boss ganteng (yang masih gue ga ngerti cara berpikir dia, so oldschool!).

Kenapa Arca masih menyimpan embel-embel Renov? Menurut Arca, dia agak susah berkembang karena dia sendirian, ga bisa marketing, modal nyolong gambar, dan masih “nempel”. Terus page facebook dia juga masih Arca pegang wkwkwk boleh di like dan search “Renov Interior”. Base kantor ini tuh “nempel” sama “karaoke keluarga” berinisial “L” (if you know it, than yes that is!) dan tentunya tetap menjual hal berbau “haram-haram”. Dan jika Anda adalah orangnya, merasa tersinggung atau ter-ejek, ya minta maaf aja, but that’s the reality. Tunggu detailnya di postingan Arca tentang “workplace#”.

So, bijak terhadap postingan ini please ya. Maksud Arca bukan menjelek-jelekkan mereka, Arca cuma pengen kritik dan berpikir objektif aja. Arca tetep ingin ngasih tau pentingnya arsitek dalam bangun rumah. Sekian 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s