arcrafture#2 Jenis Kertas untuk Giant Paper Flower

Update terakhir 18 Sept 2018

Setahun lamanya ga post, padahal Arca berjanji banget buat update post terus ya tapi omdo (omong doang), wacana doang, tak terealisasi. Memang yah reality tidak pernah seindah expectation, wkwkwk. Tapi kalau udah melihat judul Arca peduli banget sama orang-orang yang lagi mencari hal tersebut. Langsung aja yah kita bahas tanpa basa-basi lagi.

Dalam kerajinan paper craft sendiri secara umumnya memang butuh cukup banyak alat dan bahan. Untuk hal ini nanti kita bahas lagi di post lainnya tentang kerajinan paper craft (untuk saat ini belum dibuat). Alat-alat yang dibutuhkan secara basisnya atau yang paling penting ada yaitu pensil atau alat tulis lain, penghapus (untuk hapus sisa coretan pensil), gunting, cutter, dan lem perekat. Nah, bahan paper craft yang paling penting ga salah lagi yaitu Kertas, karena judulnya juga udah paper yah. Baiklah cukup pengantarnya ya.

Pertama, kita lihat dari jenis tebal dan tipisnya jenis kertas yang mau dipakai. Dalam istilah percetakan, hal ini disebut juga dengan “gramatur” atau gram per meter persegi (m2) atau juga “gsm”. Angka nilai gramatur dimulai dari 70 gsm – 310 gsm. Teorinya: semakin besar nilai gsm (misal 310 gsm), berarti semakin tebal kertasnya. Nah, sementara untuk paper craft ini diusahakan untuk ga pake kertas yg terlalu tipis karena cenderung mudah robek, atau ga terlalu tebal juga karena nanti sulit untuk dibentuk-bentuk. So, kurang lebih gramaturnya kisaran 100 – 210 gsm. Kertasnya yaitu bisa art paper, art carton, matte paper, concorde, dan jasmine.

Kedua, lihat dari kilap kertasnya. Ini sih selera ya, tergantung craft yg mau dibikin sama efek yang mau dimunculin. Menurut arca, ada beberapa jenis efek jenis kilap kertas yang bisa dipakai buat paper craft, misalnya metalik, texturized, dan doff/matte. Jenis glossy ga disaranin ya soalnya kan licin, dan kalau ada kotor lem atau coretan dikit bakal keliatan ga rapi. Tapi kalau acarer orangnya teliti, ga masalah deh sama kilap kertas apapun. Contohnya jasmine, buffalo, karton manila, art carton, dan matte paper.

Ketiga, ukuran juga penting buat efisiensi dan efektifitas pemakaian kertasnya itu sendiri. Ingat, kita juga ga boleh buang limbah kertas banyak-banyak meskipun kertas sifatnya bisa terurai ya. Untuk giant paper flower terutama yang diameternya 50 cm atau setengah meter, lebih baik cari kertas ukuran besar untuk dipotong sendiri. Pola yang dibentuk kan lebih besar juga. Besar ini disebut juga ukuran “plano” kurang lebih 109×79 cm. Kalau acarer nemu yang umumnya dijual di online shop atau toko craft itu ukuran A4 atau 21×29,7 cm atau yg biasa disebut HVS juga, atau yang biasa Acarer pake buat print tugas atau dokumen.

Dari semua kertas yang Arca sebut tadi di atas bisa acarer cari di toko kertas biasa atau toko fotocopy atau toko alat tulis besar ataaau toko buku. Semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekali lagi, ini tergantung selera dan kita di sini bukan ngomongin kertas untuk print ya tapi untuk dilipat, dilem dan dibentuk. Atau kalau ada template yang harus diprint semua kertas di atas juga bisa, tapi jenis tinta print-nya disesuaikan sama kilapnya itu tadi ya. Umumnya bisa dibedain jadi inkjet sama laser. Kalau licin pakai laser, kalau transparan atau tipis pakai inkjet, kalau matte bisa dua-duanya.

Untuk tambahan, jenis kertas lain yang biasanya dipakai yaitu kertas krep. Kertas yang tipis banget tapi bisa dibentuk. Kertas krepnya bukan yang dijual pada umumnya tapi yang agak keras dikit yang impor yang bagus. Bisa dibeli online aja tapi Arca rasa banyak yang belum jual karena biasanya ukurannya ga besar. Lebih cocok untuk paperflower model bunga-bunga kecil yang bertangkai untuk buket.

Oke, begitulah kurang lebih jenis kertas yang bisa dipakai untuk giant paper flower kita di Indonesia ya. Kalau di luar negeri standarnya udah beda lagi, segala2nya beda dan yang pasti lebih keren-keren dan bagus. Kesimpulan jenis kertas yang direkomendasi yaitu ada kertas hvs warna, karton manila, jasmine, buffalo, concorde, art carton dan matte paper.

Semoga informasinya tidak menyesatkan, bisa memudahkan Acarer atau para pembaca dalam mencari topik jenis kertas paper flower. Gambar menyusul ya. Kalau masih kurang, mohon maaf aja ya. Arca selalu terbuka menerima pertanyaan, saran dan kritik, silakan klik untuk kontak.

Selamat beraktivitas dan selamat berkarya 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s