arcrafture#3 Tutorial Giant Paper Flower Rose (Langkah-Langkah dan Foto)

Hai semua.. Setelah sekian lama jualan Giant Paper Flower Set secara online, baru kali ini Arca mau share postingan tentang tutorial atau cara membuat Giant Paper Flower ala Arca. Untuk jenis modelnya sejenis rose atau mawar yang ada rumbai-rumbai bagian tengahnya. Diameter ukuran sekitar 20cm. Jenis Kertas Jasmine, warna gold atau emas. Siap-siap long post. Yuk ikutin!

Catatan: Tutorial ini bisa dimulai dari jiplak sendiri atau set yang sudah tersedia tinggal tempel sendiri (DIY). Kalau jiplak sendiri polanya cukup mudah untuk dibuat sendiri juga karena cuma butuh 1 bentuk pola! Kalau ingin yang set tinggal tempel sendiri, bisa beli di Arca ya klik.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan yaitu:
1. Kertas Jasmine Plano (biasanya ukuran 79cm x 109cm atau bisa jenis kertas lain cek di sini)
2. Pola bunga untuk dijiplak (krg lbh panjangnya 12cm)
3. Pensil
4. Gunting
5. Lem putih atau lem tembak
6. Pulpen untuk buat lengkungan kelopak pola bunga (bisa drawing pen atau spidol karena bentuknya bulat utuh)

Pertama, siapin pensil, gunting, kertas jasmine dan pola bunga. Kita akan jiplak pola bunga sebanyak 20 pcs. Selain itu, buat juga lingkaran bulat dengan diameter sekitar 9 cm untuk base atau dasar mulai bikin bunga. Base-nya diberi garis membagi lima seperti di gambar. Buat juga persegi panjang dengan ukuran 7cm x 40cm untuk bagian tengah bunga (gambar ada di bagian terakhir).

Kedua, kita langsung mulai bikin. Siapkan lem, pensil, dan pulpen. Ambil lima kelopak pola bunga untuk layer atau lapis pertama awal. Ambil satu kelopak kemudian kita bentuk lengkung pakai pulpen yang sisinya bulat utuh. Bentuk lengkung dari bagian tengah ke arah dalam kertas. Buat lengkung semua lima kelopak.

Ketiga, setelah cukup terbentuk lengkungannya tiap kelopak tadi, ambil bagian bawah kiri kelopak, buat garis bagi seperti gambar. Bagian ceklis itu dibuat dari hasil tengah2 dari tengah2 sisi bagian bawah dan akan jadi batas lem. Jadi, bagian yang di lem itu kurang lebih nyembunyiin garis ceklis tadi seperti gambar. Buat sama untuk empat kelopak lain.

Keempat, sekarang siapkan base lingkaran segi lima tadi dan lem lagi. Tiap kelopak di atas dibalik bagian bawahnya akan kita lem seperti gambar. Letakkan kelopak yang sudah dilem tepat di garis. Pokoknya semua bagian yang kita lem tadi pasin antara pinggir base dengan garis yang di base ya. Lalu, lanjut lem belakang kelopak dan tempel geser ke kiri atau ke kanan.

Kelima, ambil lagi lima kelopak pola bunga untuk layer kedua. Untuk layer kedua, buat lengkung di bagian sisi kanan dan kiri kelopak. Kemudian, garis bagi untuk bagian dilemnya seperti di gambar dan yang diceklis.

Keenam, setelah semua dilem, balik bagian bawah kelopak untuk dilem juga kemudian ditempel diselang-seling dari layer pertama.

Ketujuh, untuk layer ketiga, ambil lagi lima kelopak. Buat sama lengkungannya dengan layer kedua. Lalu, garis lemnya adalah tepat garis tengah2 aja. Setelah lima-limanya dilem, balik kelopak dan lem juga untuk ditempel selang-seling dari layer kedua atau sama dengan garis seperti layer pertama.

Kedelapan, layer terakhir ambil sisa kelopak dan buat lengkungan seperti di gambar. Garis lem yang diambil tengah2 dari tengah2 yang sebelah kiri. Setelah garisnya dilem, balik kelopak dan lem lagi untuk ditempel. Nah, kalau sebelumnya tiap lima-lima diselang-seling, sekarang cukup tempel empat dulu. Sisanya satu lagi tempel tepat bagian tengah yang keliatannya masih agak kosong.

Kesembilan, buat lingkaran kecil diameter sekitar 4 cm untuk menutup bagian tengah dari layer terakhir tadi.  *Gambar di atas layer terakhir cuma empat kelopak, yang tambah satu lagi bisa di sela-selanya.

Kesepuluh, ambil segi empat ukuran 7cm x 40cm. Lalu, gunting tipis-tipis sekitar 5mm seperti rumbai-rumbai, ga beraturan juga ga apa-apa. Sisakan 1cm hasil gunting tipis seperti di gambar.

Kesebelas, lem sedikit2 bagian sisa 1cm tadi, gulung pelan-pelan dan lem semua bagian sisanya dari ujung sampai ujung sepanjang 40cm itu sehingga jadi rumbai-rumbai. Setelah lem kering, buat lengkung-lengkung tiap bagian potongan tipis-tipisnya. Langsung deh tempel di bagian tengah bunga tadi.

Nah, sudah jadi ya bunganya, yeay. Untuk perbandingan hasil jadi ukuran, di bawah ini ada foto dengan pola dan jenis bunga yang sama, ukuran diameter kiri 30cm, tengah 20cm, dan kanan 10cm (dan bonus di belakang ada daun-daun gold juga).

Sekian tutorial yang disertai sebelas++ langkah dan gambarnya. Semoga bermanfaat dan cukup mudah untuk diikutin. Jika masih ada yang belum jelas atau ingin beli set langsung untuk DIY atau ingin request tutorial bunga lain, bisa langsung tanya atau komen di bawah atau chat langsung ke whatsapp, chat ke Line@, chat ke DM instagram arcrafture dan email. Tunggu tutorial berikutnya ya! Selamat berkarya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s