creature#1 Workplace: Desain Interior Karaoke

Ceritanya Arca udah kerja nih, setelah enam bulan nganggur dari akhir tahun kemarin. Kalau dilihat dari judul, Arca kesannya anak desain banget yah, padahal Arca cuma seneng coret-coret ga jelas tapi lebih suka buat sesuatu handcraft. Jadi, bos Arca yang ganteng (aja, takut ketauan) itu memberi pekerjaan bikin tulisan sama bikin gambarnya pake powerpoint. Sooo acarer siap-siap baca tulisan pertama Arca yang ngarang banget di sini, kategori crea-ture. Bahasannya kurang lebih mengenai dasar atau general tentang karaoke, bisnis karaoke, dan tentunya desain interior karaoke. Semoga bermanfaat.

Baca lebih lanjut

ARCRAFTURE IS READY!

Sekian kali ganti nama dari claudiamarsya terus adajanakarsi sampai akhirnya diputuskan nama terakhir akun ini menjadi ARCRAFTURE. Asal-usul dari Arcrafture atau singkatnya jadi Arca, lumayan panjang ceritanya. Para pembaca di sini akan disebut sebagai Acarer (terserah mau dibaca acarer/akarer/acar-er).

Arca di sini melanjutkan postingan tentang arsitekturnya si Tesya yang ga diupdate-update. Jadi bukan cuma karya Arca saja yang akan ditampilkan tapi akan banyak topik yang bisa dibahas, mulai dari papercraft, crafting, decorating, desain, interior, arsitektur, curhatan, tips tips kecil ala Arca, hobi Arca, blog atau karya favorit Arca baik nasional maupun internasional, dan lain sebagainya.

Arca juga siap selalu bersedia dan terbuka untuk menerima komentar kritik saran dan akan Arca balas jika ada yang bertanya. Jadi, mari kita mulai hidup yang baru dengan Arca! Stay tune terus ya! Jangan lupa follow IG Arca di @arcrafture

IMG_7119 c

karya pertama Arca membuat papercraft Flower Wreath

4 Tahun di ITB

Terlepas dari post-post sebelumnya, kali ini saya akan sangat ga formal dalam berbahasa. karena ga terasa.. ya dalam hati terbesit ga terasa, aku udah 4 tahun mengambil jenjang perguruan tinggi, kuliah, main, mencari jati diri, di arsitektur pula, semua ada di tahap ini. Yang baca post ini mungkin ga akan banyak juga, karena saya masih terbilang ga aktif sebagai blogger. Mungkin post ini bisa jadi awal cita-cita dari akhir mimpi yang akan terwujud. (ga ngerti kan? sama saya juga)

Baca lebih lanjut

Ujian Komprehensif

Salah satu mata kuliah tingkat akhir pada judul ini merupakan tujuan awal adanya blog Ada Aja Anak Arsi. Ujian ini merupakan ujian akhir mahasiswa yang dihadapi saat tingkat akhir untuk menguji apakah sebagai mahasiswa tingkat akhir telah memahami mata kuliah yang telah diberikan selama kurang lebih tiga tahun sebelumnya. Karena saya merupakan mahasiswa Arsitektur, maka pemahaman yang perlu diketahui yaitu mengenai arsitektur.

Pustaka yang digunakan yaitu Architect Registration Examination (ARE). ARE adalah pemeriksaan lisensi profesional yang telah digunakan oleh semua 50 negara bagian Amerika Serikat, Kolombia, dan tiga wilayah AS (Guam, Puerto Rico, dan Kepulauan Virgin) untuk menilai pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan serta memberikan berbagai layanan yang dibutuhkan dalam praktek arsitektur.

ARE dikembangkan dan dikelola oleh National Council of Architectural Registration Boards (NCARB) dengan input dari Canadian Architectural Licensing Authorities (CALA). Ujian ini berbasis komputer, terdiri dari tujuh materi, dengan pilihan ganda dan / atau pertanyaan sketsa grafis yang diberikan di pusat-pusat pengujian dan dioperasikan oleh pengujian konsultan Prometric.

Arsitektur ITB telah mengadakan ujian ini pertama kalinya mulai pada kurikulum 2013 tahun lalu. Seperti yang telah disebutkan diatas, pustaka yang digunakan dalam mengadakan ujian komprehensif ini yaitu ARE. Ujian terdiri dari lima materi utama, dengan pertanyaan dan jawaban pilihan ganda sebanyak 200 soal dan dilaksanakan dengan bantuan slide show di depan ruangan kelas.

Ujian akan diadakan dua kali, saat UTS dan saat UAS. Minimal nilai lulus yang didapat yaitu dapat menjawab 50% dari semua pertanyaan dengan benar dengan nilai C. Waktu yang disediakan untuk mengerjakan 200 soal pertanyaan ini yaitu 200 menit. Jika saat UTS telah lulus dan mendapatkan nilai yang baik, maka dapat tidak perlu mengikuti ujian kedua saat UAS. Tetapi, jika belum lulus atau ingin memperbaiki nilai agar lebih baik, maka berhak mengikuti ujian kedua saat UAS. Jika tidak lulus sama sekali, maka harus mengikuti lagi mata kuliah yang sama di semester berikutnya.

Luaran yang akan diuji yaitu mengenai pemahaman:

  1. Komunikasi arsitektur (konvensi, aturan umum, dan piranti lunak)
  2. Teori-teori dalam dan tentang desain yang berkaitan dengan sejarah, seni, budaya, dan perilaku
  3. Pengetahuan desain yang dibutuhkan dalam praktek perancangan
  4. Pengetahuan teknologi (struktur, konstruksi, dan prinsip)
  5. Pengetahuan keprofesian arsitek

Demikian informasi mengenai ujian komprehensif yang diadakan di Prodi Arsitektur ITB tahun 2014 dari pandangan seorang mahasiswa tingkat akhir ini. Informasi diatas mungkin sewaktu-waktu akan berubah setiap tahun seiring menuju yang lebih baik. Semoga bermanfaat dan semoga anda, kami (kita) semua yang akan melaksanakan Ujian Komprehensif ini diberi kelancaran dan kemudahan. Aamiin. 🙂

Sumber:

Pengenalan mata kuliah Ujian Komprehensif (14/10/10)

http://www.ncarb.org/are.aspx

http://en.wikipedia.org/wiki/Architect_Registration_Examination

Halo dunia!

Perkenalkan, saya Arca aka Tesya, sekarang sedang bekerja di sebuah perusahaan di bidang hiburan dan konstruksi. Semoga dengan membagi berbagai materi litera-ture yang saya dapat dari kuliah dan kerja, bisa memberi manfaat dan informasi bagi pembaca.

Selain itu, bisa juga cek bloggernya di thearchstories.blospot.com, berbahasa inggris, dan agak sedikit ngawur.

Selamat membaca!